Laman

Maret 31, 2011

Perkembangan bayi ibu pada bulan kehamilan 13-28 minggu (trimester ke dua)

Perkembangan bayi ibu di trimester ke dua (13-28 minggu), bayi ibu sudah mulai merespon suara, cahaya.
Memasuki trimester ke dua ini dunia luar akan mulai menyadari ibu sebagai si calon ibu, karena perut ibu sudah mulai terlihat. Bersamaan dengan rasa mual, lemas menghilang pada akhir trimester pertama, bayi ibu akan terus bertumbuh, begitu juga ibu.



Minggu ke 13:
Panjang bayi sekitar 7,5 cm dengan trakea, paru-paru, perut,hati, pancreas, dan usus berkembang ke fungsi terakhir. Pita suara mulai terbentuk, dan tunas gigi muncul dengan 20 gigi bayi. Pada minggu ini jari tangan, telapak kaki, mulai terlihat.


Minggu ke 1 4:
Pada minggu ini organ seks bayi sudah dapat dibedakan antara laki dan perempuan. Denyut jantung bayi berdetak kuat (detak jantung hampir 2X lebih cepat dari ibu) dan ibu dapat mendengarkannya di dokter ibu. Sudah memberi respon terhadap dunia di luar rahim ibu, bayi mungkin akan bergerak bila ibu mengusap perut ibu, tapi ibu mungkin masih belum dapat merasakannya.

Minggu ke 15:
Bayi ibu sudah mulai dapat mendengarkan ibu, mendengarkan denyut jantung ibu, suara perut ibu, juga suara ibu.
Sekarang bayi ibu sudah mulai mempunyai rambut di kepalanya, juga bulu mata dan alis.
Ukurannya sekarang 114 gram dengan panjang sekitar 15cm.

Minggu ke 16:
Jika ibu melakukan USG saat ini mungkin ibu dapat mengetahui jenis kelamin. Otot bayi sudah berkembang dan menjadi kuat. Gerakannya semakin aktif. Mulai mengisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah menelan-kencing dan cengukan.
Pada minggu ini jika sinar terang diletakkan diperut ibu bayi akan mengerakkan tangan – matanya.

Minggu ke 17:
Masih banyak ruang dalam rahim ibu bayi akan bergerak merasakan sekitarnya. Kulit bayi ibu berkembang dan transparan. Terlihat merah sebab pembluh darah masih terlihat jelas.

Minggu ke 18:
Sekarang bayi sudah dapat mendengarkan suara dari luar tubuh ibu, bayi akan bergerak atau melompat ketika mendengarkan suara keras.
Otot bayi sudah dapat berkontraksi dan relaks, bayi sudah dapat menendang atau meninju. Bergerak sangat aktif , dalam minggu ini mungkin ibu sudah dapat merasakan gerakan putarannya untuk pertama kali.

Minggu ke 19:
Sekarang panjang bayi ibu sekitar 23 cm. Jika ibu belum juga merasakan bayi ibu, mungkin ibu akan mulai mersakan gerakkanya minggu ini.

Minggu ke 20:
Otot bayi ibu semakin kuat tiap minggu. Jika ibu masih belum dapat meraakan gerakkanya, ibu pasti akan merasakan gerakkanya sekarang. ibu mungkin salah mengartikan gerakkanya pertama kali sebagai angin, karena terasa seperti letupan gelembung-gelumbung didalam.
Bayi ibu bergerak sekitar 200 kali sehari , tapi ibu hanya akan merasakan sedikit dari semua gerakan ini.

Minggu ke 21:
Panjang sekitar 28 cm. ibu akan merasakan lebih banyak gerakan bayi ibu sekarang karena bayi makin aktif.

Minggu ke 22:
Bayi ibu sadar akan lingkungannya dan bayi akan merasa tenang ketika mendengarkan suara dan sentuhan ibu diperut. Tubuh bayi mulai memproduksi sel darah putih. Ini penting untuk bayi dalam melawan penyakit dan infeksi.

Minggu ke 23:
Panjangnya sekitar 23 cm. Sekarang ukuran kepalanya sudah sesuai dengan tubuhya . Saat ini bayi terlihat sama seperti akan lahir nanti tapi lebih kecil dan kurus saat ini.
ibu dapat mendengarkan detak jantung bayi ibu dengan stestoskop.(letakkan stestoskop langsung diperut ibu). Pertumbuhan otak sangat cepat.

Minggu ke 24:
Pendengaran bayi sudah terbentuk sempurna. Bayi akan bergerak dengan suara musik dari luar. Bayi membentuk pola kapan saat tidur dan kapan saat bangun, ibu akan merasakan dengan suatu saat bayi bergerak terus, dan saat lain tidak.

Minggu ke 25:
Bayi mulai berlatih bernafas dengan menghirup dan menhembuskan cairan amnion, yang mana kadang membuat bayi cegukan—dan ibu akan dapat merasakannya juga.

Minggu ke 26:
Bayi sudah mempunyai lemak dibawah kulit, yang akan membantu mengontrol suhu tubuhnya pada saat lahir. Wajah dan tubuhnya secara umum akan terlihat bayi saat lahir. Panjang sekitar 28-32 cm dengan berat sekitar 680 gram.

Minggu ke 27:
Matanya sudah terbuka dan melihat sekelilingnya untuk pertama kalinya. Bayi terlihat seperti bernafas tetapi sebenarnya bayi mengambil air bukan udara. Ini merupakan latihan yang baik untuk paru-parunya.

Minggu ke 28:
Pada bayi laki testis akan turun ke kantung skrotum.
Jaringan otak berkembang. Sekarang bayi ibu dapat bermimpi.

1 komentar: