Laman

April 02, 2011

Tip menyusui di tempat Umum

Bagi ibu baru, tidak mudah menyusui di tempat umum. Selain karena belum terbiasa, ada rasa kikuk dan segan menyusui di tempat umum. Untuk itu butuh belajar agar terbiasa dan nyaman serta tidak menimbulkan perhatian berlebihan.  Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba bagi ibu ibu baru yang baru menyusui agar tetap nyaman menyusui di tempat umum

Pilih busana yang tepat
Baju menyusui adalah pilihan paling tepat karena memudahkan ibu menyusui di tempat umum. Namun jika tidak ingin tergantung dengan baju menyusui, saat ini telah tersedia nursing cover yang membantu ibu tetap nyaman menyusui di tempat umum.


Pilih tempat yang baik untuk menyusui
Hindari menyusui di toilet karena tentu menimbulkan rasa tidak nyaman bagi ibu dan bayi. Jika memungkinkan pilih tempat yang memberi sedikit privasi dan jika ibu di tempat ramai, cobalah untuk duduk.


Jangan Tunggu sampai si kecil menangis karena lapar
Segera susui si kecil saat ia menunjukkan tibu sedang lapar. Jangan Tunggu sampai ia menangis keras karena akan menimbulkan perhatian dan membuat ibu kikuk untuk mulai menyusui.


Tak perlu gugup dan merasa tidak nyaman
Menyusui adalah hal yang wajar dan alami. Lakukan dengan wajar. Tundukkan badan saat membuka baju dan memasukkan puting ke mulut si kecil. Saat si kecil sudah mulai menyusu, tutup kembali baju ibu dan kembali tegakkan badan.


Berlatih di rumah
ibu bisa berlatih menyusui di rumah agar nyaman menyusui di tempat umum. Anggap saja seperti sedang berada di luar rumah dan cari posisi paling nyaman. ibu bisa berlatih misalnya dengan menyusui sambil berjalan berkeliling. bisa juga dengan berdiri di depan cermin agar ibu tahu apa yang orang lain lihat saat ibu menyusui. Usahakan tidak begitu menarik perhatian. Jika beberapa orang memperhatikan ibu, balas dengan senyuman agar pibungan mereka teralihkan.


2 komentar:

  1. wah! betul2 ibu mithali ni....
    Akak hanya kesempatan nyusui anak2 selama 3 bln sahaja kerana waktu itu akak bekerja dan anak2 diasuh oleh ibu mertua.

    BalasHapus
  2. aduh bagus sekali info ini. Susu ibu memang berkhasiat.....

    BalasHapus